Monday, December 19, 2011

AADC - Ada Apa Dengan CERPENISTA?

Cerpenista adalah aplikasi web yang memungkinkan aku, kau, dia, mereka, semuanya menulis cerpen secara keroyokan (baca: gotong-royong). Di sana aku menemui banyak orang yang berbakat menulis - yang bahasa tulisannya spj (singkat padat jelas) tapi enak (memang dimakan? -_-), yang ahli merangkai kata menjadi frasa-frasa indah, juga yang dengan mudahnya membuat orang seperti orang gila karena tertawa-tawa sendiri di depan monitor.

Cerpenista adalah web yang kubuka pertama kali jika begitu laman Firefox memenuhi layar. Sampai Oktober lalu, aku sudah lebih dari 2 tahun nongkrong di sana, selalu aktif kecuali saat tersepi, berkomunikasi dan berteman dengan cerpenis 'dadakan' lainnya.

Sampai Oktober? Mungkin kau berpikir. Apa sekarang aku sudah bosan sampai tak pernah membukanya selama dua bulan?

Tunggu... Inilah yang ingin kutanyakan. Ada apa dengan cerpenista?
Setiap kucoba membuka web-nya, yang keluar hanya tulisan menyebalkan: The server at cerpenista.com is taking too long to respond. Kucoba, lagi lagi dan lagi, tapi tak pernah mendapat respon.

Nggak perlu kubilang, dong, pasti ada yang salah dengan servernya. Aku tak tahu apa; mungkin memang sudah sampai batas waktunya.

Admin plus pemilik cerpenista kemungkinan besar adalah Herman Saksono, nickname ketuakelas, member pertama di cerpenista (bandingkan denganku, member no. 2413), juga admin blog cerpenista. Menurut saya seorang blogger handal. Ingin sekali kuhubungi, entah bagaimana, dan menyampaikan bahwa disini ada seseorang yang merindukan cerpenista.

Cerpenista mungkin 'terblokir' - maafkanlah, aku tak yakin apa istilah yang tepat - sekitar pertengahan bulan Oktober lalu. Tanggal 13, aku masih menerima pendaftaran ke grup yang kudirikan via e-mail. Dan ya, aku mendirikan grup yang jumlah anggotanya sekarang sekitar 40-an... yah, aku agak lupa.

Kenangan terkahir di tanah mempi itu, aku dan izzassi sedang menggarap 2 cerpen bersama (both of them are hers; mine's deserted since May) dan kami terus berkonsultasi lewat surat. Keduanya sudah punya plot secara garis besar, dan kami pelan-pelan sedang membangunnya.

Grup buatanku, yang kukelola bersama seorang member terpecaya lain, juga punya sejarahnya sendiri. Desember 2010, cerpenista mendapat 'serangan' dari spammer. Junkers. Kesimpulanku, mereka berasal dari (kemungkinan) SMP yang sama, SMPN 1 Palembang. Yah, setidaknya salah satu dari mereka mendirikan grup sendiri yang, sebelum berganti nama meniru grupku, was named Spensa Palembang or something. Aku tak akan melupakan itu, juga kemarahanku dan yang lain.

Jelasnya, meskipun cerpen-cerpen milik kami yang digarap bersama mempunyai genre yang berbeda-beda, harapan kami semua jelas satu: membuatnya semenarik mungkin dan memasukkannya ke jajaran cerpen tamat. Dan meskipun ada yang membuat cerpen asal-asalan (baca: just for fun) ada peraturan tertulis maupun tak tertulis yang tidak mengizinkan mereka mengacau di wilayah kekuasaan yang lain, yang berarti cerpen hasil inisiatif cerpenis lain.

We were annoyed. Satu per satu cerpenis 'serius' vakum, dan cerpenista sepi. Untuk mengantisipasi, aku membuat sebuah grup untuk melindungi cerpenku and the others' of course, since only the trustworthy member who could write in stories that belongs to my group.

Cerpen-cerpen milik kami lumayan, beberapa mendapat bintang, walaupun tak ada - mungkin saja hanya belum ada - sepanjang dan sepopuler Yuli Saga ataupun Pursuit of Happiness.

Jika anda, pendiri cerpenista, kebetulan membaca ini.... maukah anda mendengarkan, meskipun hanya satu suara yang berbicara? BALIKIN CERPENISTA KAMI! :D

saya yakin banyak pula yang bingung, dan ingin kembali menulis di cerpenista, seperti saya.

tapi tak ada paksaan...

-Nan

nb: dan ada yang bisa memberikan penjelasan, ada apa dengan cerpenista?

18 comments:

  1. hey NaN...masih ingatkah member cerpenista Nick-nya CUY

    ReplyDelete
  2. Hey CUY...
    jelas masih ingat. terkahir avatarnya vespa, ya?

    lama tak bersua^^

    ReplyDelete
  3. hey Nan. ingat dengan 'Thames' ? saya juga kangen cerpenista :(

    ReplyDelete
  4. Thames... mana mungkin saya lupa sama sesepuh?

    Izzassi juga sudah menemukan saya...
    Miss U all, guys :'(

    ReplyDelete
  5. Nan... siapapun dirimu, aku juga bersedih. sangat sedih, cerpenku.
    Kalo inget boleh ga inget juga boleh. Salam dari Vivi ^-^

    ReplyDelete
  6. Jangan jahat! Saya jelas masih ingat.
    Vivi kan sesepuh saya :D

    ViVi mungkin yang nggak kenal sama saya, saya masih pendatang baru di Cerpenista waktu itu..

    ReplyDelete
  7. inget laaaah... kamu suka nimbrung di cerpenku bareng sesepuh lain dan menistakan cerpenku... Hahaha ;D

    ReplyDelete
  8. Kita semua menciptakan kenistaan dari ketiadaan :)

    Jadi kangen. Habis saya baru sempat gabung satu-dua tahunan sebelum cerpenista lenysap. Dulu ambisi saya bikin cerita epik kayak Legenda Naga A-titik-titik-titik (nah lho udah lupa) atau Yuli Saga yang bagian ketiganya heboh abis. Atau cerita-cerita lain yang udah dapat bintang sampai 4. Menyesal deh, kenapa nggak pada di-save cerita2nya.

    Acacia-nya izzassi dan Time Traveler-ku yang masih kacangan dapat satu atau dua bintang. Sebelum sempat diselesaikan, lenszyap semua.

    ReplyDelete
  9. member cerpenista.... xyz.... Exo_pro_SURYA..... saya selalu ada di top member

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat, ingat.

      Kaulah yang dicap sebagai spammer, do you know that? You and your friends.

      Thanks to you aku bikin grup sendiri yang berisi cerpenis-cerpenis andal, sehingga beberapa cerpen bisa dapat bintang :)

      And btw aku selalu 3 besar top member, 1 atau dua waktu aktif.

      Delete
  10. Hai NaN, gimana kabarnya?
    Masih ingat dengan saya?

    Btw kalau Cerpenista sudah ndak ada lagi, NaN buat yang baru saja.
    Saya hanya "just" support teruntuk dirimu? Ha-ha-ha.
    Yah, karena keinginan menulis ini ndak ada wadah untuk penyaluran. (Curcol)

    Salam kangen untuk seluruh member Cerpenista.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aldhafera,
      satu hal yang perlu kau ketahui, aku tak pernah melupakan teman-temanku di cerpenista.

      Saya belum mampu untuk membuat web secanggih itu. Saya yang kini masih berupa anak culun kemarin dulu. Tapi kebetulan, membuat web semacam cerpenista itu memang cita-cita saya sedari dulu. Tolong kerjasamanya, ya, nanti =)

      Delete
  11. Member cerpenista dgn Nama Roro/Ririn kangen banget ama situs cerpenista. tarohlah situs tsb terblokir ato apalah istilahnya.....adakah seseorang yg berminat membuat situs mirip dgn cerpenista ? I hope so.....Love you all.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang serupa... tapi bukan seperti cerpenista. Di cerpenista kan bisa banyak heureuy-nya. Ini serius.

      Coba aja: http://proyeknulisbukubareng.com/

      Delete
  12. Kanal.Cilwung:
    saya punya ide, berhubung cerpenista.com sudah off sementara hasrat nulis saya sudah menjadi, bagaimana kalau kita buat situsnya di Wikia saja? Gratis dan bisa diedit oleh siapa saja. Bagaimana NaN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan diriku yang telat membalas :(
      Koneksi internet = 0 untuk beberapa minggu terakhir.

      Saya mau! Tapi K.C. harus tahu bahwa saya itu gaptek. Tapi mari usahakan, saya coba bantu. Yah, guru TIK ada untuk suatu alasan, kan?


      Seperti yang sudah saya bilang, saya masih anak sma culun kemarin dulu :D

      Delete
  13. kangen cerpenista :'(

    abieyukino

    ReplyDelete