Monday, April 15, 2013

Problem! The GNOME Power Manager Error (solved)

Aku menemui error dengan Ubuntu 10.04ku tadi. Setelah di-boot, muncul..
Install Problem! The configuration defaults for GNOME Power Manager have not been installed correctly. Please contact your computer administrator.
... di login screen, tepat di pojok kanan atas.

I freaked out. I couldn't login. I couldn't save any data if it's needed. I could do nothing.

Berdasarkan hasil searching, error ini most likely disebabkan oleh kurangnya memori (walau belum jelas bagiku apa hubungannya dengan power manager..). Karena itu kucoba:
  1. Pindah ke mode TUI (terminal). Di login screen klik Ctrl + Alt + F1
  2. Login dengan mengetikan username lalu password. FYI pengetikan password di terminal adalah pengetikan 'buta', jadi tak ada bintang atau simbol lain muncul tanda sedang mengetik. That's fine.
  3. Jadi root dengan mengetikan sudo -s lalu password (if required).
Dari sinilah muncul berbagai alternatif yang mungkin untuk menyelesaikan error (masih menurut hasil searching). Yang kucoba:

apt-get clean
apt-get autoclean

lalu kucoba men-shutdown komputer (shutdown -h now) to see if it's worked. Namun hasilnya masih sama; tampilannya masih berubah dan aku tetap tak berhasil login.
Lalu mengikuti saran lain, kucoba menginstall:

apt-get purge gnome-power-manager
apt-get install gnome-power-manager

Yang menurut prediksiku akan gagal untukku karena aku tak tersambung dengan internet. Wich means, aku tak bisa mendownload dari repositori di kambing.ui.ac.id. 

Tapi sebelum men-shut down, aku ingat error ini terjadi setelah pada sesi sebelumnya aku memindahkan beberapa file ke home (~> menambah penuh partisi file system ubuntu). Jadi lewat terminal, aku hapus beberapa file yang tak dibutuhkan:

cd /home/...../Manga (pindah ke direktori tempat file berada)
rm -rf NamaFile1.rar | NamaFile2.rar | NamaFile3.rar

lalu kembali menshutdown

shutdown -h now

And TARAA! My machine works again w/o trouble. Dan ketika aku cek partisinya di GParted (System -> Administration), memang nyaris penuh, sih.

Bahkan kalau cek lewat terminal pakai df, kapasitasnya sudah habis 100%! o_O

Tapi... aku jadi nggak tahu error ini teratasi karena aku mendownoad gnome-power-manager (yang sepertinya mustahil berhasil) atau karena tindakan sesederhana menghapus file itu (yang kalau ditotal paling-paling cuma 40 mega byte)

-Salah sendiri ngasih alokasi size-nya cuma 24 giga!
-Aku kira nggak bakal sering dipakai!
*debat kusir sama diri sendiri

Anyway, thank God I can fix it myself. Dewa sekali rasanya, bisa benerin tanpa harus berlari mengadu ke sempai atau pembimbing di IgosCentre... (padahal cuma hapal perintah basic terminal + googling).

Aku sempat kena serangan jantung tadi, gara-gara banyak file dan tulisan penting (termasuk data localhost/Wordpress) yang kalau sampai hilang... aku akan terjatuh dan tak bisa bangkit lagi.... *terharu

Namun masalah seperti ini ada hikmahnya juga. Aku jadi makin belajar dan bisa mengatasi masalah ini jika terulang lagi. 

-------------

Note: ada pula yang bilang kalau sudo apt-get clean dan autoclean tidak berhasil, coba ganti /tmp ke mode 0777 dengan:

chmod 0777 /tmp

2 comments:

  1. This post reminds me of that place. Maybe i should pay a visit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wait a sec, you know IGOS?

      Sejak kapan kau bergabung? Sejak ketika tempatnya masih di seberang taman ganesha atau sejak pindah ke Labtek VI ITB?

      Delete